FARMASI

pills+green

 

Program Studi Farmasi mendidik calon Farmasis dan calon Apoteker untuk memiliki kompetensi dan ketrampilan dalam pekerjaan farmasi, yaitu pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan distribusi, penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional sesuai dengan peraturan dan etika kefarmasian.

TUJUAN PROGRAM STUDI
Menghasilkan Sarjana Farmasi dan Apoteker yang mampu dan trampil dalam melaksanakan pengadaan, penyediaan, distribusi, pengawasan, kontrol kualitas, pengembangan dan penelitian di bidang kefarmasian (bahan obat, obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, alat kesehatan, makanan dan minuman).

KOMPETENSI
• Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam melakukan perancangan, pembuatan/peracikan dan penjaminan mutu sediaan farmasi pada produk steril maupun non steril serta merancang sistem penghantaran obat yang sesuai.
• Mampu melakukan pelayanan kefarmasian sesuai dengan prosedur dan didasarkan pada kemampuan identifikasi masalah, kemampuan mencari alternatif solusi, serta kemampuan penyampaian informasi terkait obat dan pengobatan dengan benar.
• Memiliki penguasaan ilmu dan teknologi yang memadai untuk melakukan riset kefarmasian, dengan kemampuan penerapan konsep teoritis dan kemampuan analisis, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi untuk pengembangan dirinya.
• Memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajerial, kepemimpinan, dan komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas yang diemban dengan rasa tanggung jawab, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika kefarmasian.

LAPANGAN PEKERJAAN
• Industri Farmasi: industri obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, makanan-minuman, alat kesehatan.
• Farmasi klinis: Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Klinik kecantikan, klinik medis
• Farmasi komunitas: apotek, Pedagang Besar Farmasi.
• Birokrasi kesehatan dan pemerintahan : Gudang Obat, Dinas Kesehatan, Kementrian Kesehatan, Balai POM, TNI/POLRI.
• Peneliti dan dosen atau guru.
• Wirausaha apotek, obat tradisional, kosmetika.

 

Download dokumen Program Studi Farmasi :

download-here1

July 2019
M T W T F S S
« Oct    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
  • Pascasarjana UNISMA Teken MOU untuk Naikkan Student Body July 6, 2019
    Dalam rangka meningkatkan kualias pendidikan Pascasarjana UNISMA berbagai strategi dilakukan. Bersamaan dengan peningkatan kualitas pendidikan, Pascasarjana juga fokus pada peningkatan Student Body. Strategi utama yang ditempuhnya adalah pengembangan kemitraan berbasis MOU. Pagi ini (6/7) Pascasarjana UNISMA, khususnya Prodi Kenotariatan melajukan penandatanganan MOU dengan Pengurus Wilayah IPPAT Jatim (Isye K. Syakur. MH) dan Arema Media Group […]
    Rulam
  • PPDB Sistem Zonasi Tak Didukung Fasilitas Sekolah July 4, 2019
    Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sangat bagus. Hanya saja tidak berbanding lurus dengan fakta di lapangan apalagi kondisi sarana dan prasarana sekolah saat ini jauh dari yang diharapkan. Pengamat pendidikan yang juga guru besar FKIP Univeritas Mataram (Unram) Prof H Mahyuni mengatakan tujuan dari […]
    Rulam
  • Peminat SBMPTN ITS Turun 58,9 Persen June 26, 2019
    Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Adi Soeprijanto mengungkapkan adanya penurunan peminat yang memilih program studi di ITS pada SBMPTN 2019. Penurunannya pun tidak tanggung-tanggung, bahkan mencapai angka 58,9 persen. Tahun ini, peminat yang memilih program studi di ITS pada SBMPTN 2019 sebanyak 14.165 pendaftar. “Dari data tersebut mengalami […]
    Rulam