FARMASI

pills+green

 

Program Studi Farmasi mendidik calon Farmasis dan calon Apoteker untuk memiliki kompetensi dan ketrampilan dalam pekerjaan farmasi, yaitu pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan distribusi, penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional sesuai dengan peraturan dan etika kefarmasian.

TUJUAN PROGRAM STUDI
Menghasilkan Sarjana Farmasi dan Apoteker yang mampu dan trampil dalam melaksanakan pengadaan, penyediaan, distribusi, pengawasan, kontrol kualitas, pengembangan dan penelitian di bidang kefarmasian (bahan obat, obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, alat kesehatan, makanan dan minuman).

KOMPETENSI
• Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam melakukan perancangan, pembuatan/peracikan dan penjaminan mutu sediaan farmasi pada produk steril maupun non steril serta merancang sistem penghantaran obat yang sesuai.
• Mampu melakukan pelayanan kefarmasian sesuai dengan prosedur dan didasarkan pada kemampuan identifikasi masalah, kemampuan mencari alternatif solusi, serta kemampuan penyampaian informasi terkait obat dan pengobatan dengan benar.
• Memiliki penguasaan ilmu dan teknologi yang memadai untuk melakukan riset kefarmasian, dengan kemampuan penerapan konsep teoritis dan kemampuan analisis, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi untuk pengembangan dirinya.
• Memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajerial, kepemimpinan, dan komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas yang diemban dengan rasa tanggung jawab, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika kefarmasian.

LAPANGAN PEKERJAAN
• Industri Farmasi: industri obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, makanan-minuman, alat kesehatan.
• Farmasi klinis: Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Klinik kecantikan, klinik medis
• Farmasi komunitas: apotek, Pedagang Besar Farmasi.
• Birokrasi kesehatan dan pemerintahan : Gudang Obat, Dinas Kesehatan, Kementrian Kesehatan, Balai POM, TNI/POLRI.
• Peneliti dan dosen atau guru.
• Wirausaha apotek, obat tradisional, kosmetika.

 

Download dokumen Program Studi Farmasi :

download-here1

August 2020
M T W T F S S
« Oct    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
  • Sekolah Harus Kerja Sama dengan Rumah Sakit July 22, 2020
    Sekolah harus memenuhi syarat wajib sebelum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada masa adaptasi kebiasaan baru di Kota Bekasi. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, syarat terpenting bagi sekolah yang akan melaksanakan sistem pembelajaran tatap muka ialah harus bekerja sama dengan rumah sakit atau puskesmas terdekat agar bila terjadi klaster baru dapat […]
    Rulam
  • PPDB di Saat Pandemi, Guru dan Orang Tua Siswa Harus Proaktif July 22, 2020
    Situasi pandemi di saat ini menjadi pertanyaan bagaimana menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK. Sehingga guru dan orang tua siswa harus ikut‎ berpartisipasi dalam pelaksanaan PPDB tersebut karena hampir semua prosesnya dijalankan secara daring. Berikut disampaikan Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan saat diwawancarai terkait PPDB pada Minggu 7 Juni 2020. Menurut Iwan pada pelaksanaan ‎PPDB ini […]
    Rulam
  • Pemerintah terus Dorong Akses Pendidikan Tinggi di Indonesia July 22, 2020
    Akses pendidikan tinggi di Indonesia, yang salah satunya dengan memperluas keberadaan Universitas Terbuka (UT )di daerah-daerah. Demikian Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutan dalam acara Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2019/2020, Selasa (21/7 2020). Dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi kunci penting dalam memenangkan persaingan global, sehingga Pemerintah […]
    Rulam