FARMASI

pills+green

 

Program Studi Farmasi mendidik calon Farmasis dan calon Apoteker untuk memiliki kompetensi dan ketrampilan dalam pekerjaan farmasi, yaitu pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan distribusi, penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional sesuai dengan peraturan dan etika kefarmasian.

TUJUAN PROGRAM STUDI
Menghasilkan Sarjana Farmasi dan Apoteker yang mampu dan trampil dalam melaksanakan pengadaan, penyediaan, distribusi, pengawasan, kontrol kualitas, pengembangan dan penelitian di bidang kefarmasian (bahan obat, obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, alat kesehatan, makanan dan minuman).

KOMPETENSI
• Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam melakukan perancangan, pembuatan/peracikan dan penjaminan mutu sediaan farmasi pada produk steril maupun non steril serta merancang sistem penghantaran obat yang sesuai.
• Mampu melakukan pelayanan kefarmasian sesuai dengan prosedur dan didasarkan pada kemampuan identifikasi masalah, kemampuan mencari alternatif solusi, serta kemampuan penyampaian informasi terkait obat dan pengobatan dengan benar.
• Memiliki penguasaan ilmu dan teknologi yang memadai untuk melakukan riset kefarmasian, dengan kemampuan penerapan konsep teoritis dan kemampuan analisis, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi untuk pengembangan dirinya.
• Memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajerial, kepemimpinan, dan komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas yang diemban dengan rasa tanggung jawab, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika kefarmasian.

LAPANGAN PEKERJAAN
• Industri Farmasi: industri obat sintetik, obat tradisional, kosmetika, makanan-minuman, alat kesehatan.
• Farmasi klinis: Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Klinik kecantikan, klinik medis
• Farmasi komunitas: apotek, Pedagang Besar Farmasi.
• Birokrasi kesehatan dan pemerintahan : Gudang Obat, Dinas Kesehatan, Kementrian Kesehatan, Balai POM, TNI/POLRI.
• Peneliti dan dosen atau guru.
• Wirausaha apotek, obat tradisional, kosmetika.

 

Download dokumen Program Studi Farmasi :

download-here1

September 2019
M T W T F S S
« Oct    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
  • Prodi Teknologi Hasil Pertanian Wiraraja Latih Masyarakat Buat Yogurt Nabati August 25, 2019
    Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat menggunakan dana internal Universitas Wiraraja. Kegiatan yang berlangsung di KWT Bunga Seroja, yang diketuai oleh Ibu Kisrawiyah itu terletak di Desa Pagar Batu, Kecamatan Saronggi, Sabtu, 20 Juli 2019. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Rika Diananing P, STP, […]
    Rulam
  • MAN 1 Lotim Kampanyekan Gerakan Sastik August 25, 2019
    Ada pemandangan berbeda dalam pawai alegoris memperingati 17 Agustus di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun ini. Biasanya, penonton melihat siswa siswi berbaris menggunakan beragam busana adat, profesi, dan lainnya. Namun, kali ini ada kontingen yang mencuri perhatian dengan penampilannya. Adalah di barisan siswa MAN 1 Lotim, tampak para siswa Kelas X MIA 3 menggunakan seragam […]
    Rulam
  • Ketauhidan, Nasionalisme Telah Hilang di Kampus August 25, 2019
    Selalu kita ucapkan bahwa mahasiswa merupakan kaum pemikir dan penggerak perubahan. Asumsi dasar itu sudah tertanam sejak mahasiswa banyak berperan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negaranya. Seringkali gaung suara perlawanan terhadap penindasan yang dilakukan penguasa kepada rakyat kecil asalnya dari teriakan kritis dan konstruktif dari mahasiswa. Sebab mereka memiliki sumpahnya sendiri dan itu sakral. Sebab […]
    Rulam